Tuesday, July 28, 2009

Pemberdayaan Perempuan di Bantul Melalui Bebek

By Republika Newsroom

BANTUL -- Nita Puryanti (29) warga Desa Bangi, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul kini memiliki kesibukan lain selain mengurusi anak semata wayangnya. Bahkan kegiatannya memelihara bebek bersama ibu-ibu lain di desanya justru menambah penghasilan keluarga.

Kini ibu muda ini bisa tersenyum puas manakala setiap akhir bulan menerima hasil dari jerih payahnya memelihara bebek di kampungnya itu. Bukan hanya Nita, Novi (20) seorang mahasiswi sebuah Akademi Perawat di Bantulpun juga ikut menikmati hasil dari usaha memelihara bebek di kampungnya itu.

Wanita bertubuh subur ini bisa memperoleh uang saku tambahan untuk biaya kuliahnya. ''Lumayan dan cukup membanggakan bisa membayar biaya kuliah sendiri tidak tergantung orang tua dari usaha ini,'' papar Novi.

Adalah kelompok tani perempuan Bangi Mandiri yang memiliki usaha beternak bebek di Desa Bangi, Sewon, Bantul tersebut. Sedikitnya ada 45 perempuan dari 45 keluarga di desa itu yang tergabung dalam kelompok tani tersebut. Tidak main-main, kelompok tani yang anggotanya perempuan semua itupun saat ini memelihara sedikitnta 2.640 bebek yang terdiri atas 90 persen bebek betina dan 10 persen jantan.

Masing-masing perempuan di kelompok tani tersebut memiliki 105 bebek peliharaan dimana lima diantaranya merupakan pejantan. ''Dari 100 bebek betina itu setiap hari saya bisa panen telur sekitar 60 hingga 70 telur,'' papar Nita.

Dengan hasil tersebut, setiap hari Nita dan Novi menyetor telur-telur miliknya itu ke koperasi kelompok tani mereka. ''Setelah dihitung termasuk juga untuk sewa lahan, beli pakan dan cicilan modal setiap bulan saya memperoleh pendapatan sekitar Rp 250 hingga Rp 500 ribu. Tapi ini baru berjalan dua bulan sehingga kamipun maish belajar. Jika sudah agak mahir dan bebek-bebek juga tidak stress penghasilan kami paling terus bertambah,'' tandasnya.

Bersama kelompok tani itupun, baik Nita maupun Novi masing-masing memperoleh bantuan dua kandang bebek. Dimana setiap kandang diisi sedikitnya 53 ekor bebek. Anggota kelompok tani lainnya juga menikmati bantuan yang sama.

Menempati areal sawah seluas 2.000 hektar kelompok tani perempuan Bangi Mendiri itupun memperoleh dana bantuan dari Telkomsel melalui program coorporate social responsibility (CSR) sebesar Rp 450 juta. Dana bantuan itupun digunakan untuk pembangunan 48 kandang bebek dan pemberian bibit bebek sebanyak 2.640 ekor.

''Untuk mendukung kelancaran proses usaha sendiri kita juga melengkapi areal peternakan bebek ini dengan mesin penepung pakan, gudang telur, rumah penetasan berikut empat mesin penetas, enam kandang meri (anak bebek), enam kandang pembesaran indukan, ruang pembuatan telur asin serta infrastruktur klaster,'' kata Direktur Keuangan Telkomsel Triwahyusari saat penyerahan bantuan tersebut pada kelompok tani tersebut di Bangi, Bantul, Kamis kemarin.

Penyerahan bantuan itupun disaksikan Wakil Bupati Bantul, Sumarno dan beberapa pejabat Bantul lainnya. Penyerahan bantuan tersebut juga menandai di resmikannya Kampung bebek sebagai icon pemberdayaan perempuan di Desa Bangi, Sewon, Bantul melalui peternakan bebek tersebut.

Diakui Triwahyuni, kelompok tani yang diberikan bantuan program tersebut merupakan kelompok tani perempuan yang beranggotakan perempuan usai produktif antara 17 hingga 40 tahun. Melalui langkah itu, diharapkan pendapatan keluarga perempuan di desa tersebut bertambah dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan keluarga mereka sendiri.

Menurutnya, bantuan itu sifatnya bergulir sehingga diharapkan bantuan tersebut bisa dikembangkan untuk peningkatan atau pemberdayaan kelompok tani di desa lainnya di Bantul.

Melalui program itupun kini Nita dan beberapa ibu-ibu muda Desa Bangi tidak hanya mengasuh anak dan mengurus rumah tangga saja. Mereka memiliki aktivitas lain untuk menambah pendapatan keluarga. melalui kelompok tani itupun, ibu-ibu yang tiga tahun lalu menjadi korban gempa itupun juga belajar berorganisasi dan belajar mandiri.yli/kpo

2 comments:

  1. kalo boleh tahu alamatnya dimana? saya ingin melihat dan belajar beternak bebek. mohon kirim jawaban ke email saya. ara_8489@yahoo.comterimakasih

    ReplyDelete
  2. berita ini serius tidak ya? karena saya coba lacak ke alamat lokasi kok tidak ketemu ya?

    ReplyDelete