Monday, June 22, 2009

Memilih Bibit Itik/Bebek petelur

Kebanyakan dari pemula peternak bebek petelur akan kesulitan dalam memilih bibit sesuai yang diharapkan ( umur bibit siap telur ), sebagai pengalaman saya pertama kali ketika membeli bibit ( bayah ) saya pernah terkecoh , karena saya pemula jadi tidak tahu tentang karakteristik bibit siap telur ( bayah ), jadi bibit itu saya beli. Dalam tempo 1 bulan belum bertelur dan baru bertelur hampir sekitar 2 bulan setelah saya pelihara, ternyata bibit yang saya beli itu berumur kurang dari 4 bln, padahal umur bibit siap telur(bayah) adalah bebek betina yang ber umur 5 – 5,5 bln ( 20 – 21 minggu).

Bebek remaja siap telur (bayah) adalah Bebek dara yang masih memerlukan beberapa waktu lagi untuk bertelur. Idealnya bayah yang berumur 5 – 6 bulan. Kita perlu hati hati bila membeli bayah yang sudah bertelur karena bisa jadi bukan bayah melainkan bebek yang sudah berproduksi.dan juga sebaiknya kita memperhatikan keseragaman umur dari bayah yang akan kita beli karena jika umur tidak sama akan mempengaruhi produksi ( produksi tidak merata ),selain itu jika umur seragam diharapkan nanti masa rontok bulu bisa berbarengan..

Memang perlu pemahaman untuk menentukan atau memilih Bibit bebek petelur yang baik, sebab merupakan salah satu faktor penting dalam pemeliharaan secara intensif.

Berikut ini karakteristik itik petelur yang baik :

1. Badannya langsing, tegak seperti botol

2. Bentuk leher kecil, panjang dan bulat seperti rotan

3. Kepala kecil, mata terang, dan terletak di bagian atas kepala

4. Sayap tertutup rapat di badan dengan ujungnya terlihat rapi di

pangkal ekor

5. Bulu tumbuh rata, halus dan berkilau ( tidak suram/kusam)

6. Kaki berdiri kokoh

7. Tidak terdapat luka.

(Sumber : -Redaksi agromedia ,beterna itik hemat air)

25 comments:

  1. maaf pak klo antara itik branjangan dan itik raja, mana yang lebih unggul,karena saya masih bingung untuk menentukan jenis bibitnya terutama untuk itik jantan (pedaging )

    ReplyDelete
  2. untuk pedaging yang paling bagus itik raja mas, cuma bibitnya susah di dapat. Itik mojosari jantan juga lumayan cepat besar, semua tergantung perawatan dan pakannya pak...trims

    ReplyDelete
  3. Itik mojokerto termasuk yang jenis branjangan, diutamakan untuk menghasilkan telur mas....rata2 produksi per tahun 220-250butir.

    ReplyDelete
  4. dimana saya bisa mendapatkan bibit itik raja. Mohon informasikan ke email saefudin_hudi@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  5. saya sangat ingin sekali beternak itik ratu tapi kesulitan mendapatkan bibitnya. mohon infomasinya pak. lokasi saya di blora jawa tengah

    ReplyDelete
  6. Mohon info bibit siap telur (bayah)itik mojosari berapa harganya? dan jumlah perbandingan jantan dan betinanya dalam satu kandang berapa-berapa sebaiknya, untuk daerah pegunungan kandang yang cocok bagaimana? trims infonya.
    Mohon info dikirim ke e-mail saya : puguh_ir@yahoo.co.id
    atau diananggcell@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  7. untuk bibit raja dan ratu yang baik, asalnya harus dari balai pembibitan dinas pertanian, dan itu tempatnya di kalimantan sana. Coba search di google, saya hanya menyediakan itik mojosari. trims

    ReplyDelete
  8. Mas Puguh, sudah saya kirimkan jawabannya ke email anda.....trims

    ReplyDelete
  9. Saya mohon informasi harga itik betina siap telur Mojosari & jantan yg produktif.
    Brp ekor pesanan minimalnya?

    adhy - cilacap

    ReplyDelete
  10. kalo untuk pedaging antara itik mojosari dengan magelang bagus mana ya?,kan itik magelang juga besar2 klow bwat pedaging....
    trims atas jawabanna

    ReplyDelete
  11. pak, mohon maaf merepotkan, saya ingin minta tolong informasi dimana saya bisa membeli bibit itik raja. saya mohon bapak bisa menginformasikan ke email saya a.arfankurniawan@yahoo.com
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak ya pak..

    ReplyDelete
  12. Salam, Saya calon peternak itik raja( pedaging )serius buat daerah jawa timur. Mencari pemasok bibit unggul 1000 ekor/bulan. Peluang dan kerja sama di tunggu. Pengiriman bibit DOD lewat udara bisa dikalkulasikan. Thanks dan contact : andrianirwananda@ymail.com

    ReplyDelete
  13. salam kenal semua...
    ada yang tau gak di mana ya mau beli bibit bebek petelur?
    saya mau beli bibit bebek petelur yg sudah berumur 1 mggu.
    mohon info nya ya...
    jimmi 081240086678

    ReplyDelete
  14. hayyy..,dmana saya bisa mndapatkan bibit itik petelur unggul di daerah bekasi dan jkarta, itik umur brapa yg cocok saya pelihara dari awal ternak dan dari jnis itik petelur apa .? mhon infonya..Febri{02185411475)

    ReplyDelete
  15. Ass pak di mana saya bisa mendapatkan iti petelur unggul di daerah sumatra selatan,dan berapa harganya ? THX

    ReplyDelete
  16. salam kenal
    kalo ada yang jual bibit bebek petelur mohon infomasinya. dan juga cara pemesananya berikut harganya.trims

    www.rudisusanto230@gmail.com
    hp.085640008808

    ReplyDelete
  17. syah_arul2000@yahoo.comJanuary 26, 2011 at 10:11 PM

    salam kenal pak, saat ini saya sedang membutuhkan bibit itik petelur sekitar 200 di daerah serpong tangerang. saya mohon informasi tempat pembelian dan harganya.
    mohon di kirim ke alamat e-mail saya syah_arul2000@yahoo.com
    atas perhatian dan kerjasamanya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak saya mau jual bebek petelur beberapa sudah bertelur saya mau mengosongkan kandang dulu lokasi bogor jika berminat dapat menghubungi 085693557668

      Delete
  18. pak kalau bebek bertelur harganya berapa per ekornya.. yg siap telur

    ReplyDelete
  19. pAK, Saya tinggal daerah bogor kalo pesen bayah minimalnya berapa dan harga per ekor berapa sama ongkirnya.
    kirim ke email saya usman_wiranata@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak saya mau jual bebek petelur beberapa sudah bertelur saya mau mengosongkan kandang dulu lokasi bogor jika berminat dapat menghubungi 085693557668

      Delete
  20. numpang ya pak, saya menjual bebek petelur umur 7 bulan dan sudah bertelur, ada 750 ekor bebek.. bagi yg berminat hubungi 085643178486 atau pin bb 328460eb, dikhususkan area JOGJA, thanks..

    ReplyDelete
  21. pak saya mau jual bebek petelur beberapa sudah bertelur saya mau mengosongkan kandang dulu lokasi bogor jika berminat dapat menghubungi 085693557668

    ReplyDelete
  22. mau tanya pak.yg jual dod di bogor di mana yah

    ReplyDelete
  23. Selamat Pagi - salam kenal
    saya ada di Bali/Kab Tabanan pingin mecoba beternak bebek pedaging Jantan, mohon info lebih lanjut dimana saya bisa beli bibitnya serta info pemeliharaannya secara benar.
    saya betempat tingggal di Denpasar Bali.Terimakasih banyak-Wayan Sukadana HP/WA 0811385644 dan Email: wayan22@gmail

    ReplyDelete